Semangat Kebangkitan Nasional

018418700_1463680577-harkitnas

Kebangkitan Nasional Indonesia adalah periode pada paruh pertama abad ke-20, di mana banyak rakyat Indonesia mulai menumbuhkan rasa kesadaran nasional sebagai “orang Indonesia”. Tanggal 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Tanggal tersebut mengambil dari kelahiran organisasi Budi Utomo. Budi Utomo didirikan oleh para pelajar di School Tot Opleiding Van Inlands Artsen (STOVIA) di tahun 1908. Empat puluh tahun kemudian atau pada 1948 barulah Presiden Sukarno menetapkan 20 Mei sebagai hari bangkitnya nasionalisme. Latar belakang penetapan hari yang kini dikenal sebagai Kebangkitan Nasional adalah pada awal kemerdekaan, Republik Indonesia membutuhkan pemersatu. Bung Karno menilai bahwa kelahiran Budi Utomo merupakan simbol yang tepat untuk menggambarkan bagaimana bangsa Indonesia mulai bangkit untuk melawan penjajahan.

Memaknai Kebangkitan Nasional Indonesia saat ini adalah dengan tetap menjaga semangat, integritas dan membangun jiwa nasionalisme agar menjadi suatu bangsa yang aman, maju dan sejahtera. Indonesia lahir dari masa dimana ancaman dan tekanan dari para penjajah dan penguasa dengan bebas melakukan penjajahan kekuasaan. Maka karena dasar persatuan dan kesatuan, kebangkitan yang di pelopori oleh para pemuda membuat Indonesia bangkit dari masa kegelapan.

Semangat nasionalisme melalui empat Pilar Kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika menjadikan Indonesia lebih bermartabat di mata dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *